SOSIAL TOKOH

Desa Panti, Kecamatan Panti Gelar Lomba Kebersihan Tingkat Dusun

Jalan lingkungan yang menjadi penilaian di dusun Krajan Selatan, Desa Panti.  Foto by : faktajember.

Jember – Kreativitas Desa Panti, Kecamatan Panti dalam mengisi kemerdekaan patut di acungi Jempol. Hari ini, Selasa, 20/8/24, bertempat di dusun Krajan Selatan, dan Dusun Mrapa di gelar lomba kebersihan.

Ada 7 dusun yang akan di lakukan penilaian, namun hari ini baru dua dusun yakni dusun Krajan Selatan, dan dusun Prapa

I Nyoman Budiari, salah satu penilai dari puskesmas Panti mengaku ini terobosan luar biasa yang dilakukan pemerintah desa dalam mengedukasi masyarakat di bidang kebersihan dan kesehatan. Dia juga mengatakan, walau secara umum masyarakat belum begitu paham tentang pentingnya kebersihan lingkungan dalam menjaga kesehatan, namun dengan lomba ini, masyarakat akan terpacu dalam memahami pentingnya kersihan lingkungan utamanya jika kita kaitkan dengan persoalan sampah.

Disini lanjutnya, masih terlihat ada sebagian kecil masyarakat yang membuang sampah di sungai, dan nantinya akan kita sosialisasikan adanya bank sampah di desa Panti, dengan begitu masyarakat akan memilah sampah organik dan an organik.

“Alhamdulillah, ini luar biasa lomba kebersihan lingkungan sebagai salah satu bentuk edukasi terhadap masyarakat, selain itu kita akan selalu mensosialisasikan pengolahan sampah, dari yang limbah menjadi sumber pendapatan, jujur ini menjadi motivasi bagi semua tim untuk terus berbuat mengisi kemerdekaan” ujarnya.

Suroso, Kepala Desa Panti, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember. Foto by : faktajember.

Ditempat terpisah, Kepala Desa Panti, Kecamatan Panti Suroso kepada media ini mengatakan, kegiatan ini menjadi bagian dari peringatan HUT RI ke 79, dan tahun ini kita arahkan lomba kebersihan, kalau tahun lalu kita gelar karnaval.

Selanjutnya Suroso menyampaikan sebuah rencana besar yakni membuka jalur tembus dari dusun Krajan Selatan tembus ke SMPN 1 Panti. Menurutnya jalan itu diperkirakan sepanjang 1000 meter, dengan lebar 3 meter.

Saat ini, lanjutnya tim yang terdiri dari ketua RT, tokoh masyarakat dan pak kampung lagi melakukan pendekatan dengan pemilik lahan, dan saat sedang berproses, semoga rencana besar itu didukung masyarakat, khususnya pemilik sawah yang bakal di lalui jalan tembus.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian memperingati HUT RI ke 79, yang mana tahun lalu kita fokus di karnaval tahun ini kita lakukan lomba kebersihan lingkungan untuk 7 dusun se desa Panti, dan yang bakal menjadi sesuatu yang berharga adalah rencana pembangunan jalan tembus dari Dusun Krajan Selatan sampai SMPN 1 ” ujarnya.

Sawah yang sedang di negosiasi untuk jalan tembus. Foto by : faktajember.

Sementara kampung Krajan Selatan Arief Hidayat menyambut baik rencana pak kades dalam upaya membangun jalan tembus dari Krajan Selatan ke SMPN 1 Panti.  Namun demikian lanjutnya, masih ada sedikit kendala dimana beberapa Pemilik sawah meminta ganti rugi dan saat ini masih dalam proses negosiasi.

“Saya sangat senang dengan ide pak kades yang akan membuat jalan tembus dari Krajan Selatan ke SMPN 1, dan saat ini kita lagi negosiasi dengan beberapa pemilik sawah yang ingin ada ganti rugi, semoga lancar nantinya” harapnya. (Arya)

Bagikan Ke: