PEMERINTAHAN SOSIAL TOKOH

Melihat Hal Unik Dan Beda Di Pelaksanaan Upacara Peringatan HUT RI ke 79 di Kecamatan Umbulsari

Pelaksanaan upacara peringatan HUT RI ke 79 di Umbulsari yang sedikit Unik. Foto by : doc Kecamatan Umbulsari.

Jember – Upacara peringatan HUT RI ke 79 hari ini, 17/8/24 di gelar se antero Nusantara. Mulai di tingkat sekolah, desa, kecamatan, kabupaten, hingga nasional.

Ada sedikit berbeda dan unik di pelaksanaan upacara peringatan HUT RI ke 79 di Kecamatan Umbulsari, Kabupaten Jember. Paskibraka yang bertugas mengibarkan bendera menggunakan formasi “Paruh Lembing”.

Formasi ini menggambarkan formasi setengah lembing, yang fokusnya mengarah pada tiang bendera. Formasi ini bisa jadi satu satunya formasi yang ada di Jember, bahkan di Indonesia, mengingat selama ini formasi yang ada menggunakan formasi seperti yang sudah digunakan setiap tahunnya.

Selain itu, petugas petugas upacara kali ini di komandani seorang Polwan berpangkat Briptu, namanya Vita Ramandani, anggota Polsek Umbulsari.

Pelaksanaan upacara peringatan HUT RI ke 79 di Umbulsari yang sedikit Unik. Foto by : doc Kecamatan Umbulsari.

Ditunjuknya Briptu Vita, menurut Camat Umbulsari, Ronny Arvianto semata mata untuk memberikan ruang bagi perempuan setara dengan laki-laki. Sehingga dengan Briptu Vita menjadi komandan upacara, dan formasi paruh lembing yang digunakan pasukan pengibar bendera, menjadikan pelaksanaan upacara HUT RI ke 79 sedikit berbeda dari yang lain.

Baca Juga : Peringatan HUT RI ke 79 Kecamatan Tempurejo, Tanamkan Nilai Perjuangan Pahlawan Bangsa

Ronny juga mengatakan kalau semua itu guna mencari sesuatu yang unik dan berbeda, anti mainstream, namun tidak lepas dari pakem Peraturan Baris Berbaris.

“Kita mencoba kombinasikan formasi paruh lembing dengan komendan upacara sosok perempuan, dan hasilnya luar biasa” ujarnya.

Briptu Vita Ramdani, diapit Muspika dan Kades seluruh Wilayah Kecamatan Tempurejo. Foto by : doc kecamatan.

Sementara Rike (21), warga Umbulsari yang menonton pelaksanaan upacara mengaku salut dengan langkah inovatif camat Umbulsari. Menurutnya, baru di sini ada formasi yang berbeda dengan yang biasa dilakukan. Dia mendengar formasi Paskibraka ini disebut dengan Paruh Lembing, yang tentunya memiliki makna tertentu. Dan uniknya komendan upacaranya, juga ditunjuk seorang Polwan berpangkat Briptu.

“Jujur sejak saya sekolah SD sampai kuliah, baru hari ini melihat inovasi yang luar biasa, semoga ini menjadi pemicu semangat generasi muda umumnya dan perempuan khususnya, karena dengan di tunjuknya Briptu Vita itu, Umbulsari menjadi luar biasa, sekali lagi salut buat semuanya”, ujarnya. (Shasa)

Bagikan Ke: